AWAS JAGAN MAKAN TERGESA-GESA, BAHAYA..!INI BAHAYANYA LIHAT ULASAN BERIKUT INI.

ilustrasi: www.linkedin.com

SETIAP insan pasti memerlukan konsumsi gizi pada tubuhnya. Berikut yang diperlukan untuk memberi daya supaya dapat melakukan aktivitas. Serta asupan itu berbentuk makanan yang bergizi dan menyehatkan. Ya, sudah semestinya makanan itu memberi dampak yang baik untuk kesehatan badan. Namun, tahukah Anda, bila makanan yang bergizi itu disantap dengan terburu-buru terlebih dalam jumlah yang banyak jadi jadi memberi dampak yang buruk untuk kesehatan? 

Berikut yang dilarang dalam ajaran Islam. Kita disarankan tidak untuk makan terlalu berlebih. Sebab, Rasulullah ﷺ bersabda, “Anak Adam tak isi tempat yang lebih jelek dari pada perutnya. Anak Adam itu telah cukup hanya sebagian suap yang memperkuat tulang punggungnya. Bila ia tidak ingin (kurang), jadi dengan sepertiga makanan, serta dengan sepertiga minuman, serta seperti yang lain untuk bernafas, ” (HR. Ahmad, Ibnu Majah serta Al-Hakim. Hadis ini hasan). 

Demikian halnya bila menyantap makanan dengan cara terburu-buru. Rasulullah ﷺ melarang hal itu, lewat sabdanya, “Jika seseorang diantara kalian makan, maka janganlah terburu-buru hingga dia menyelesaikan makanannya, walau iqamah telah dikumandangkan, ” (HR. Bukhari). 



Laporkan iklan? 
Anda pasti tahu kalau dari tiap-tiap larangan yang disarankan oleh Allah SWT serta Rasul-Nya tentu memiliki kandungan hikmah di dalamnya. Termasuk juga larangan makan dengan cara terburu-buru. Nyatanya, berdasar pada riset makan dengan cara terburu-buru itu menyebabkan dampak yang jelek untuk kesehatan. 

Yuga Pramita, seseorang praktisi kesehatan, dalam bukunya Diet Islami menyebutkan bawha makan dengan cepat bisa sangat mungkin seorang alami refluks asam lambung dan bertindak dalam resiko kegemukan. 

Penelitiannya menunjukkan kalau orang yang makan sangat cepat bakal berisiko mempunyai berat tubuh yang lebih berat 2 x lipat dibanding orang biasanya. 

Hal semacam ini diperkuat dengan apa yang di teliti oleh salah seseorang ilmuwan Jepang, DR. Ikeda Mikimoto pada 30 orang pria. Ada 14 orang yang alami obesitas di dalamnya. Nyatanya orang yang alami obesitas senang berperilaku mengonsumsi makanan yang lebih cepat dibanding mereka yang kurus. 

Tidak hanya hindari obesitas, makan dengan tidak terburu-buru bakal memberi keberkahan untuk kita, sebab kita sudah ikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Oleh karena itu, mulai saat ini mari kita niatkan tidak untuk lagi makan terlalu berlebih terlebih dengan terburu-buru. Ini dikerjakan untuk melindungi kesehatan badan kita, dimana telah jadi tanggungjawab kita untuk menjaganya.
AWAS JAGAN MAKAN TERGESA-GESA, BAHAYA..!INI BAHAYANYA LIHAT ULASAN BERIKUT INI. AWAS JAGAN MAKAN TERGESA-GESA, BAHAYA..!INI BAHAYANYA LIHAT ULASAN BERIKUT INI. Reviewed by Unknown on 14.21 Rating: 5