SUBHANALLAH! AJAIB!! LUAR BIASA! COBA ANDA PRAKTEKAN, " ANDA SEDANG SAKIT BERSEDEKAHLAH! ".


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah yang membuat penyakit serta obatnya, jadi berobatlah kalian namun janganlah berobat lewat cara yang diharamkan” (Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah) 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Obatilah beberapa orang yang sakit diantara kalian dengan bershadaqah. ” (Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani didalam Shahih al-Jami') 

Coba iringi ikhtiar serta usaha yang kita kerjakan dengan cara syar'i dalam mencari kesembuhan dengan bershadaqah serta tanamkanlah kemauan shadaqah tersebut di dalam hati kita supaya Allah subhanahu wata’ala mengobati penyakit yang tengah menerpa kita. 

Syaikh Sulaiman Bin Abdul Karim Al-Mufarrij berkata, “Wahai saudaraku yang tengah sakit, shadaqah yang ditujukan dalam hadits ini yaitu shadaqah yang diniatkan untuk peroleh kesembuhan, bisa jadi anda sudah banyak lakukan shadaqah, namun hal semacam itu tidak anda kerjakan dengan kemauan untuk memperoleh kesembuhan dari Allah subhanahu wata’ala, oleh karenanya cobalah anda kerjakan saat ini serta tumbuhkanlah keyakinan serta kepercayaan kalau Allah subhanahu wata’ala bakal mengobati diri anda. 

Isilah perut beberapa fakir miskin sampai kenyang, atau santunilah anak yatim, atau wakafkanlah harta anda, atau lakukan shadaqah jariah, lantaran sebenarnya shadaqah itu bisa mengangkat serta menyingkirkan beragam jenis penyakit serta beragam jenis musibah serta cobaan, serta hal seperti itu telah banyak dihadapi oleh beberapa orang yang di beri taufiq serta hidayah oleh Allah subhanahu wata’ala, hingga mereka peroleh obat penawar yang berbentuk rohani (terpacu oleh keimanan, ketaatan serta kepercayaan pada Allah subhanahu wata’ala) serta itu lebih berguna dari pada sebatas obat-obat umum. 

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, juga sudah lakukan penyembuhan dengan cara penyembuhan ruhaniyah ilahiyyah (yakni penyembuhan yang mengutamakan pada segi keimanan, ketaatan serta kepercayaan pada Allah subhanahu wata’ala). Demikian pula dengan beberapa generasi salafus shaleh, mereka juga senantiasa bershadaqah sesuai sama kadar sakit serta derita yang menerpa mereka, serta shadaqah yang mereka mengeluarkan yaitu harta mereka yang begitu berkwalitas. 

Wahai saudaraku yang tengah sakit jangan sampai anda bakhil pada diri anda sendiri, sekaranglah waktunya untuk shadaqah. ” (Shifatun 'Ilaajiyyah Tuzilu Al-Amraadh bi Al-Kulliyyah) 

Ada seorang ajukan pertanyaan pada Abdullah Bin Mubarak rahimahullah, mengenai penyakit di lututnya yang sudah terkena sejak tujuh tahun. Dia sudah lakukan berbagai usaha untuk mengobatinya serta sudah ajukan pertanyaan pada beberapa dokter, namun belum rasakan hasil faedahnya. Jadi Abdullah Bin Mubarak rahimahullah, berkata padanya, “Pergilah anda mencari sumber air serta galilah sumur di situ lantaran beberapa orang memerlukan air! Saya mengharapkan ada air yang memancar di situ, jadi orang itu juga lakukan apa yang dianjurkan oleh beliau, lantas dia juga sembuh. ” (Cerita ini diambil dari Shahih At-Targhib) 

Wallahu a'lam 
SUBHANALLAH! AJAIB!! LUAR BIASA! COBA ANDA PRAKTEKAN, " ANDA SEDANG SAKIT BERSEDEKAHLAH! ". SUBHANALLAH! AJAIB!! LUAR BIASA! COBA ANDA PRAKTEKAN, " ANDA SEDANG SAKIT BERSEDEKAHLAH! ". Reviewed by Unknown on 14.30 Rating: 5